Rabu, 10 Oktober 2012

RESUME PERTEMUAN II





Share this history on :












Halo semuaaaa ...
Semoga sehat dan baik keadaanya ..
Langsung aja ya ..
Pada pertemuan pertama kita, sudah belajar tentang Profesi Kependidikan mencangkup definisi, ruang lingkup, dan semua yang terkait dengan Profesi Kependidikan. Nah pada pertemuan ke-2 kemarin pada tanggal 4 Oktober 2012, Pak Amril selaku dosen mata kuliah profesi kependidikan  memberi wawasan seputar anak CIBI, CIBI disini bukan lah nama fans girlband Indoesia (Cherrybelle) melainkan Anak Cerdas Istimewa Bakat Istimewa. Mau tahu bagaimana serunya pembahasan tentang CIBI ini. Mari kita ikuti permbahasannya, oh iya sekedar memberitahu bahwa sebelum pembahasan ini kita di beri tugas untuk mencari Artikel di Internet tentang CIBI dan mengkomentarinya..
Oke di lanjut ..
CIBI sesuai definisi nya Cerdas Istimewa Bakat Istimewa, Anak anak CIBI merupakan anak yang mempunyai IQ  sangat tinggi dengan kata lain mempunyai intelegensi yang sangat bagus. Sekedar Pengetahuan ,berdasarkan tes IQ anak dibagi menjadi 8 golongan, yaitu :
IQ = 145 >                  = Anak Genius
IQ = 130 – 145           = Sangat Superior
IQ = 115 – 130           = Superior
IQ = 100 – 115           = Normal
IQ = 85 – 100             = Slower (lambat belajar)
IQ = 70 – 85               = Tuna Grahita Ringan
IQ = 55 – 70               = Tuna Grahita Sedang
IQ = < 55                    = Tuna Grahita Berat
Hayoo di manakah kategori anda ??? ^_^

Kata CIBI dalam bahasa inggris yaitu GIFTED (Talented), yaitu kemampuan berupa potensi yang memerlukan pengembangan dan pelatihan secara serius dan sistematatis (terdapat urutan atau tahapan). CIBI di ibaratkan seperti bibit unggul yang perlu ditempatkan di tempat yang subur dan di beri pupuk serta air secara rutin agar dapat tumbuh subur dan berkembang.
 CIBI deipengaruhi oleh 2 faktor yaitu :
1. Genetik (nature) è Intelegensi yang berhubungan dengan IQ
2. Lingkungan (nurture) è Kreativitas (task Komitmen)
Anak-anak  CIBI biasanya mengalami kondisi disinkronitas / Asikronitas yaitu dimana perkembangan fisik dan psiki serta perkembangan mental dan intelektual tidak berjalan selaran, Anak-anak CIBI di ibaratkan seperti Jungkat Jungkit. 

Semakin tinggi intelegensi Anak CIBI maka semakin tidak sinkron dengan sosial emosionalnya. maka dalam kesehariannya perlu di bangun TASK KOMITMEN yang mencangkup kemampuan mengubah motivasi menjadi tindakan seperti ketekunan, daya tahan, kerja keras, rasa percaya diri, dan daya tarik Khusus dengan topik tertentu.
Namun daripada itu anak-anak CIBI juga mempunyai berbagai ragam kemampuan rekan-rekan sekalian. Ragam kemampuan itu diantaranya :
1. Intellectual Abilities, Mencangkup kemampuan UMUM dan kemampuan Khusus
2. Creativity Abilities, yaitu kelancaran, Fleksibelitas, Keaslian pemikiran, serta keterbukaan terhadap pengalaman, kepekaan terhadap rangsang, dan kemampuan mengambil resiko
3. Sosial Competence, yaitu Keterampilan yang melibatkan respon untuk mendapatkan tanggapan postif dari orang lain seperti Fleksibelitas, Empati, Peduli, Komunikasi, dan rasa humor
4. Musikalitas, anak-anak CIBI juga mempunyai kemampuan musikalitas lohh rekan-rekan, yaitu tentang kepekaan, pengetahuan, dan bakat terhadap musik.
5. Artistic Ability, yaitu kemampuan untuk menciptakan sesuatu tanpa bantuan
6. Practical Intelligence, yaitu kemampuan individu untuk menemukan hal-hal yang paling cocok antara mereka dan tuntutan lingkungan.
 Sekian Dulu ya resume kali ini, Semoga bermanfaat. Salam Semangat !!! ^_^

0 komentar:

Posting Komentar