Senin, 17 September 2012

RESUME I PROFESI KEPENDIDIKAN





Share this history on :












Halo Semuaaa..
semoga baik dan sehat semuanya ...

Mau sedikit berbagi dengan apa yang saya dapat pada perkuliahan profesi kependidikan pada hari kamis, 13 september 2012..

Jeng Jenngg ... (Sok di dramatisir) ^_^

Pada awal perkuliahan mata kuliah profesi kependidikan,Bapak Amril Muhammad, S.E, M.Pd. selaku dosen membuka perkuliahan dengan
salam dan perkenalan. Masing masing dari kami, mengisi Data di sebuah kertas kecil yang berisikan Nama , Asal Sekolah, dan Nomor Hape yang kemudian di kumpulkan dan di panggil satu persatu.

Setelah perkenalan, kita masuk ke kontrak perkuliahan, yang disepakati bersama dan akan dipakai selama satu semester kedepan. Kontrak kuliah nya diantaranya Masuk tepat pukul 15.00, Penulisan Artikel untuk tugas dan dress code saat paparan di depan kelas. yakni memakai Kemeja, berdasi, celana bahan, dan sepatu formal hitam, dan kalau perlu mengenakan jas (berasa bos) .. haha ..

Oke Dilanjut..

Materi yang diberikan yaitu mengenai definisi profesi kependidikan. dalam profesi kependidikan ada beberapa istilah yang digunakan,
yaitu : profesional, profesionalisme dan profesor.
Profesional adalah sesorang yang ahli di bidang tertentu. seseorang dapat di katakan profesional apabila memiliki ilmu (pengetahuan dan keahlian),pengetahuan juga terbagi bagi, diataranya Faktual (Hal yang pasti dan tidak perlu dicari), Konseptual (Penjelasan yang terdefinisi),
prosedural(langkah-langkah), Metokognisi(Membandingkan sesuatu hal dengan hal yang lain).
pekerjaannya dapat di katakan menjadi mata pencaharian, sebagian besar waktunya dihabiskan untuk bekerja di bidangnya (full time), dan dapat mengembangkan dirinya sesuai dengan potensi yang dimiliki (self Development).Profesionalisme yakni sifat sifat yang dimiliki seorang yang profesional sedangkan profesor yaitu seseorang dosen minimal gelar Dr + AK 1000

Dari definisi diatas berlanjut lagi ke profesi pendidik, pendidik yaitu orang yang berhubungan langsung dengan peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan.
Jenis pendidik juga terbagi bagi tergantung dimana pendidik itu mendidik peserta didik. Yang pertama itu ada guru (Formal) di sekolah-sekolah, ustad di pesantren, dosen di universitas, dan tutor (non formal) biasanya di luar sekolah.
Dalam penyelenggaraan pendidikan pasti membutuhkan tenaga pendidikan, Yang pertama Administrasi, mengurus data dan managerial layanan pendidikan dari data kepegawaian sampai keuangan.
selain itu ada TU, Laboran, Pustakawan, pengawas, dll.
Kita yang nantinya akan menjadi Calon Pendidik (Aaaammmmiiiiiiiiiiiinn) mempunyai tugas yaitu Ekspolarasi yaitu apa yang kita sampaikan ke peserta didik harus kita perdalam lagi, yang kedua yaitu Elaborasi yakni Ilmu atau informasi yang akan disampaikan harus di urai kecil-kecil agar mudah di cerna oleh peserta didik, dan yang terakhir yaitu Konfirmasi, yakni mengoreksi informasi atau ilmu yang akan disampaikan maupun ilmu yang didapat.

Waw sekali ya menjadi seorang pendidik, semoga kelak jika menjadi pendidik dapat menjadi pendidik yang amanah .. amiinnn ..

Ya kurang lebih begitu hasil yang diperoleh dari pertemuan pertama..
sekian dulu yaaa ..


Lady Bug Note Generators

0 komentar:

Posting Komentar