Kamis, 18 Oktober 2012

RESUME PERTEMUAN III





Share this history on :













RESUME PERTEMUAN KE -3
Assalammua’laikum...
Hallo semuanya...

Tidak terasa sudah pertemuan ke-3 dan pada pertemuan kali ini tepatnya pada hari kamis tanggal 11 Oktober 2012 Pak Amril membahas tentang Pendidikan Nasional dan yang saya dapatkan dalam pertemuan kali ini.

Sistem kekeuasaan di pemerintahan ada 2, yaitu Sentralisasi (pemusatan) dan Desentralisasi (Pelimpahan). Sistem Sentralisasi yaitu pemusatan kekuasaan di pemerintah pusat sehingga bisa di katakan yang berkembang dan maju hanya di pemerintah pusat saja. sedangkan yang kedua yaitu Desentralisasi, Pelimpahan kekuasaan dari pusat kepada daerah otonom agar berkembang dan membenahi daerah nya masing masing. Begitu juga dengan sistem pendidikan. sekarang sistem pendidikan juga menganut asas desentralisasi, hal ini di tunjukan dengan perubahan UU. No 2 tahun 1989 menjadi UU No. 20 tahun 2003.

UU No.20 tahun 2003 membahas tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dan dalam sistem pendidikan nasional ini terdapat beberapa Standar Nasional Pendidikan diantaranya yaitu : Standar Isi (kurikulum yang diajarkan), Standar Proses (terkait dengan motode mengajar), Standar Kompetensi Jurusan, Standar Tenaga Kependidikan, Standar Pengelolaan, Standar Sarana dan Prasarana, serta Standar Pembiayaan.
Selain itu ada juga Pembiayaan Pendidikan yang terdiri dari :
1.     Biaya Operasional        : yang terdapat dari APBN dan dari dana tersebut di bentuklah dana BOS
2.    Biaya Personal    :  terdapat dari dana BKM
3.    Biaya Investasi    : pengembangan SDM serta sarana dan prasarana
Dalam suatu pendidikan tidak hanya pemerintah saja yang terlibat menanganinya tetapi mayarakat juga terlibat dalam hal tersebut.

Sekian Resume Pertemuan Kali. Semoga bermaanfaat. Terima Kasih ^_^


0 komentar:

Posting Komentar