Resume
Ke-6
Peraturan
yang menyangkut tentang Standar Isi yaitu terdapat dalam Permendiknas
Nomor 22 tahu 2006. Dimana dalam Standar Isi didalamnya ada
Pengembangan Kurikulum.
Pengertian
dari Pengembangan Kurikulum itu sendiri yaitu Sebuah
proses yang merencanakan, lalu
menghasilkan
suatu alat yang lebih baik dengan didasarkan pada hasil penilaian
terhadap kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan
kondisi belajar mengajar yang baik. Dalam
Pengembangan Kurikulum terdapat beberapa pendekatan, diantaranya :
- Pendekatan yang berorientasi pada bahan pelajaran
- Pendekatan yang berorientasi pada tujuan
- Pendekatan dengan pola organisasi bahan.
Didalam
Standar Isi,
ada
beberapa Prinsip dari Pengembangan Kurikulum yang terdiri dari :
- Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
Kurikulum
dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi
sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,
sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan mandiri.
- Beragam dan terpadu
Kurikulum
dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta
didik, kondisi daerah dan jenjang. Kurikulum juga dikembangkan
berdasarkan jenis pendidikan tanpa membedakan agama, suku, budaya,
dan adat istiadat, serta status sosial, ekonomi dan gender.
- Tanggap terhadap perkembangan iptek dan seni
Kurikulum
dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi,
dan seni berkembang secara dinamis.
- Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan
kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan
(stakeholders) untuk menjamin relevansi di pendidikan kemasyarakatan,
dunia usaha, dan dunia kerja.
- Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi
kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian
keilmuan, dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara
berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan.
- Belajar sepanjang hayat
Kurikulum
diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan
peserta didik dan berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan
keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal, non formal.
- Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Kurikulum
dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan
kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
Dalam
Standar Isi,Sekolah menyelenggarakan beberapa program pendidikan
diantaranya :
- Sistem Paket
Sistem
penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya diwajibkan
mengikuti seluruh mata pelajaran dan beban studi yang sudah
ditetapkan untuk setiap tingkatan kelas, sesuai dengan struktur yang
berlaku pada satuan pendidikan dimaksud.
- SKS
Sistem Kredit
Semester (SKS) adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang
peserta didiknya menentukan sendiri jumlah beban belajar dan mata
pelajaran yang diikuti setiap semester.
0 komentar:
Posting Komentar